Beranda > android > Sedikit Penjelasan Tentang ClockworkMod Recovery

Sedikit Penjelasan Tentang ClockworkMod Recovery


Kita semua tahulah apa itu recovery mode, jadi saya tidak akan menjelaskan apa itu recovery mode. Kalau anda belum mengistal clockworkMod/CWM recovery pasti anda tidak akan bertanya-tanya, apa sih CWM recovery itu.

Nah, bagi yang  belum instal CWM recovery anda patut mencobanya, saya rasa CWM recovery ini wajib dipunyai bagi pengguna android.

Link download :

ClockworkMod Recovery-MD5 ( file “md5″ ,Install dengan

ODIN dengan ONEPACKAGE)

samsung galaxy gio only

Pertanyaannya apa itu ClockworkMod Recovery..?

Jadi secara singkat, CWM itu adalah recovery mode yg sudah di kustomisasi sedemikian rupa dengan berbagai fungsi tambahan seperti backup/restore,instalasi dan lain-lain yg tidak ada di recovery mode standar. Secara umum, fungsi yang paling banyak digunakan antara lain:

Nandroid backup

Sesuai dengan namanya nandroid backup untuk membackup sistem ponsel, internal memori dan termasuk seluruh partisi dan menyimpannya ke dalam sdcard. Hasil backup berupa folder dengan nama sesuai tgl-bln-thn-jam saat melakukan backup. Contoh,

saat ini kita memakai ROM “A” yang memiliki 10 apps yang terinstal dan memakai link2sd. kemudian kita backup dengan CWM recovery. Sewaktu kita restore hasilnya akan sama seperti saat kita membackup ROM “A”, yang memiliki 10 apps dan memakai link2sd berfungsi yg dengan baik. Ini sangat membantu apabila kita suka gonta-ganti firmware yg berbeda dan ketika ingin kembali ke ROM inginkan kita tinggal lakukan restore menggunakan CWM tanpa harus flash ulang dan instal banyak aplikasi lagi. Dengan demikian kita bisa memiliki banyak versi firmware keinginan.

Restore

Seperti namanya juga, restore adalah mengembalikan kondisi ponsel sesuai kondisi saat kita backup. Jika kita punya banyak backupan dengan versi rom yg berbeda-beda dengan aplikasi yg berbeda-beda pula dan ingin kembali ke rom tertentu. Kita tinggal masukan folder

backupan ke sdcard dan restore hanya dalam hitungan 5-15 menit . Proses restore juga ada 2 pilihan yaitu semua bagian ROM atau hanya bagian tertentu yg ingin kita restore (boot,system, data,cache,sd-ext ).

Sedikit tips ketika backup dengan CWM recovery

  •  Anda bisa beri nama setiap folder backupan sesuai keinginan agan. tapi nama folder jangan ada spasinya, ex : “giopro_v.1.3″. Karena proses restore akan gagal.
  •  jika anda memakai CWM kemudian install zip file trus gagal, misalnya file dari UOT Kitchen, maka coba lakukan mount system dulu di bagian mount and storage.

Itu adalah sebagian penjelasan tentang CWM recovery untuk fungsi-fungsi yg lengkap silahkan klik

Posted from WordPress for Android

  1. 9 Agustus 2012 pukul 4:58 AM

    ada efek negatifnya ga gan klo install aplikasi ini?

    • nobiuzumaki
      1 September 2012 pukul 5:58 PM

      saya rasa tidak ada mas bro

  1. No trackbacks yet.

Pembaca yang baik selalu meninggalkan jejak :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: